Iklan dempo dalam berita

Lakukan 6 Cara Berikut Agar AC Tetap Dingin dan Pastinya Tetap Hemat Listrik

Lakukan 6 Cara Berikut Agar AC Tetap Dingin dan Pastinya Tetap Hemat Listrik

cara mengatur AC agar tetap dingin dan memberikan kenyamanan yang maksimal--

Terutama jika anda sedang berusaha menghemat listrik, hal ini sangat tidak dianjurkan. Sebagai gantinya, anda disarankan untuk menurunkan suhu AC secara perlahan dan bertahap. 

Anda dapat memberikan jeda waktu selama 10 menit dan menurunkan suhu AC satu derajat pada setiap jeda, hingga mencapai suhu yang diinginkan. Dengan cara ini, AC akan bekerja lebih efisien tanpa harus memaksimumkan penggunaan daya listrik yang tinggi.

BACA JUGA:Mudah, Ini 11 Cara agar Hemat Listrik saat Menggunakan Mesin Cuci, Gak Bikin Tagihan Boncos

4. Aktifkan mode fan

Metode lain yang dapat anda gunakan agar AC cepat dingin adalah mengaktifkan mode fan. Setelah mengatur suhu seAndar 23-25 derajat Celcius, anda dapat mengaktifkan mode fan ini pada AC. Pada bagian remote AC, terdapat mode fan yang dilengkapi dengan sistem pengaturan yang dapat disesuaikan. 

Salah satunya, terdapat fitur auto fan atau indikator dengan 3 hingga 5 pilihan kecepatan yang dapat anda pilih pada remote AC. Pilihlah auto fan untuk memungkinkan kipas internal AC menyesuaikan suhu dingin di ruangan secara otomatis, serta memaksimalkan penyebaran angin yang merata ke seluruh ruangan yang ada dirumah anda.

BACA JUGA:Bikin Sejuk dan Hemat, Berikut Trik Menggunakan Kipas Angin Tanpa Boros Listrik

5. Aktifkan mode dry

Terkadang, suhu ruangan dapat menjadi dingin secara alami karena cuaca, seperti saat hujan. Namun, Anda mungkin ingin tetap menggunakan AC agar ruangan tidak menjadi terlalu lembap. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengaktifkan mode dry pada AC. Mode ini memiliki fungsi untuk menyerap kelembapan di dalam ruangan tempat AC berada, sambil tetap menjaga suhu diruangan tetap dingin dan kering. 

Kelebihan dari mode dry ini adalah hemat energi, karena mesin AC tidak perlu bekerja ekstra untuk mendinginkan ruangan. Dengan demikian, Anda dapat menghemat listrik.

BACA JUGA:Pusing Tagihan Listrik Membengkak? Ini Cara Ampuh Menghemat Listrik di Rumah Dijamin Pengeluaran Jadi Hemat

6. Matikan AC jika tidak ada orang diruangan.

Jangan biarkan AC tetap menyala ketika tidak ada orang didalam ruangan. Alih-alih ingin merasakan kesejukan begitu memasuki ruangan, tindakan ini justru akan meningkatkan tagihan listrik Anda. 

AC sebaiknya hanya dinyalakan ketika ada orang di dalam ruangan. Atur suhunya seAndar 23-25 derajat Celsius melalui remote agar tetap nyaman dan hemat energi. Hindari menyalakan dan mematikan AC berulang kali karena hal ini dapat menghasilkan penggunaan listrik yang lebih banyak. Untuk menghindari kedinginan berlebihan, atur AC pada suhu ideal dan aktifkan mode kering agar suhu ruangan tetap nyaman.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Ini 9 Tips dan Trik Penggunaan Kulkas yang Tepat Bisa Bikin Listrik Hemat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: