Iklan dempo dalam berita

Jangan Disepelekan, Ini 9 Ciri-ciri Masuk Angin Duduk Pembawa Maut, Kenali Penyebabnya

Jangan Disepelekan, Ini 9 Ciri-ciri Masuk Angin Duduk Pembawa Maut, Kenali Penyebabnya

Ciri-ciri Masuk Angin Duduk Pembawa Maut--

Angin duduk (angina pectoris) terjadi ketika pembuluh darah jantung (koroner) mengalami penyempitan. Pembuluh darah jantung berfungsi untuk mengalirkan darah yang kaya akan oksigen ke otot jantung, agar jantung dapat memompa darah dengan baik.

Ketika pembuluh koroner menyempit, suplai oksigen ke otot jantung akan terganggu sehingga jantung tidak dapat memompa darah dengan maksimal. Kondisi ini disebut juga dengan penyakit jantung koroner.
Penyebab penyakit jantung koroner adalah pembentukan plak atau tumpukan lemak di pembuluh darah koroner (aterosklerosis). Pembuluh darah yang sudah menyempit tersebut dapat makin menyempit saat penderita melakukan aktivitas.

Angin duduk juga dapat muncul ketika pembuluh darah koroner menyempit sesaat, karena otot pembuluh darah yang menegang (angin duduk varian). Angin duduk ini bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika sedang beristirahat.

BACA JUGA:Dewas BPJS Kesehatan Apresiasi status UHC desa yang ada di Rejang Lebong

Ciri-ciri Angin Duduk

Melansir dari laman halosehat.com, berikut ini ciri-ciri angin duduk:

1. Dada Terasa Nyeri

Ciri paling mendasar dan paling umum yang dialami oleh penderita angin duduk adalah rasa nyeri di bagian dada. Karena rasa nyeri inilah penderitanya akan merasakan ketidaknyamanan karena dada terasa seperti sumpek dan tertekan. Rasa nyerinya seperti diremas-remas dan begitu terasa mengganggu di bagian tengah.

Dada juga serasa ditekan atau ditindih oleh benda yang berat dan hal ini sangatlah kurang mengenakkan. Jika tanpa alasan tiba-tiba Anda merasakan hal semacam ini, hendaknya langsung pergi ke dokter. Nyeri dada jangan sampai diabaikan begitu saja karena berpotensi besar berkaitan dengan jantung

2. Nafas Terasa Berat

Ciri lain dari angin duduk yang juga termasuk paling umum adalah nafas yang menjadi berat dan mudah tersengal-sengal.

Nafas pendek-pendek ini biasanya terjadi ketika kita melakukan kegiatan fisik yang begitu berlebihan dan aktif. Namun bila bukan hal tersebut alasannya dan agak mencurigakan, langsung saja periksakan ke dokter.

Ketika nafas tersengal-sengal padahal tak ada aktivitas yang begitu mendukung akan hal ini bisa terjadi, maka kemungkinan besar ini tandanya ada yang tak beres pada organ paru-paru atau jantung. Apabila nafas terasa berat disertai atau didahului dengan rasa sakit dan nyeri pada dada, ini kemungkinan besar adalah tanda angin duduk.

BACA JUGA:Mundur dari DPRD Provinsi Terpilih, Windra Purnawan Digantikan Rizki Heriaji Suwela, Ini Alasannya

3. Tubuh Cepat Lelah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: