Iklan RBTV Dalam Berita

Lebih Sehat Telur Dadar, Telur Ceplok atau Telur Rebus? Yuk Cari Tahu

Lebih Sehat Telur Dadar, Telur Ceplok atau Telur Rebus? Yuk Cari Tahu

Lebih Sehat Telur Dadar, Telur Ceplok atau Telur Rebus? Yuk Cari Tahu--Foto: ist

BACA JUGA:Jarang yang Tahu, Ini Manfaat Air Kelapa Muda Campur Telur dan Madu, Bisa Bikin Awet Muda dan Istri Bahagia

2. Telur Dadar

Telur dadar merupakan telur yang dikocok dan dicampur dengan bahan lain seperti garam, tepung terigu, lada, atau susu sebelum dimasak. Kalori dalam telur dadar tidak jauh berbeda dengan telur telur ceplok, yaitu sekitar 93–100 kkal.

Namun, hal ini bisa berubah jika kamu menggunakan minyak atau mentega dalam proses memasak telur dadar. Jika ingin mengurangi asupan kalori, gunakanlah minyak atau mentega sedikit atau gunakan bahan pengganti yang lebih sehat.

BACA JUGA:Selain 5 Produk Kecantikan Ini, Sudah Tahu Belum Khasiat dan Cara Membuat Telur untuk Dijadikan Masker Wajah

3. Telur Rebus

Nah, telur rebus adalah pilihan yang lebih sehat dibandingkan kedua telur goreng di atas. Telur rebus tidak menggunakan minyak saat pengolahannya, sehingga memiliki kandungan kalori yang lebih rendah.

Melansir FatSecret, telur rebus mengandung sekitar 77–89 kkal. Namun, jumlah kalorinya juga dapat berbeda tergantung ukuran telur dan lamanya waktu merebus. Jadi, jika sedang ingin mengontrol asupan kalori, telur rebus bisa menjadi pilihan yang baik.

Ternyata, kalori dalam telur dapat berbeda tergantung pada cara pengolahannya, ya. Secara umum, jumlah kalori telur ceplok dan dadar, tidak jauh berbeda dengan kalori telur rebus jika dimasak menggunakan sedikit minyak atau minyak sehat.

BACA JUGA:Meski Nikmat, Sarapan Telur dan Kopi Tidak Baik untuk Kesehatan, Ini Efek Samping yang Terjadi

Jadi, tetap perhatikan penggunaan minyak atau mentega dalam proses memasak agar tidak menambah jumlah kalori yang tidak diinginkan.

Guru Besar Ilmu Pangan dan Kapuslit Pangan Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Ir. Rindit Pambayun, MP, mengatakan, mengonsumsi telur rebus akan lebih bernilai gizi tinggi dibandingkan jika Anda mengonsumsi telur mentah.

Pasalnya, pada telur mentah, ada zat aviding pada bagian putih telur yang dapat mengikat segala nutrisi tubuh.

"Jadi kalau mau konsumsi mentah, buang bagian putih telur. Namun kalau mau konsumsi dua bagian telur, rebus saja sekitar 5-10 menit atau setengah matang untuk memusnahkan zat avidin-nya," ujar dia dilansir dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Gak Selalu Sehat, Ini 7 Jenis Telur Tidak Layak Dimakan, Salah Satunya Cangkang Telur Retak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: